08 Juli 2013

Fitur Active Parking Pada Mobil Mewah

Persaingan di segmen mobil mewah mulai merambah ke tempat parkir. Produk Jerman dan Produk Swedia Volvo merupakan dua produk dengan persaingan yang sama dengan tujuan memanjakan konsumen dan memudahkan konsumen untuk tidak terlalu repot ketika hendak memarkirkan kendaraan.

Media Otomotif menjadi dan 31 kru lainnya menjadi orang pertama di Indonesia yang merasakan kecanggihan Mercedes Bensz seri A200 Urban dan A250 Sport yang merupakan embrio baru di segmen generasi muda. Dari sisi eksteriornya terlihat kontur memikat, bagian depan yang ekspretif terlihat lekukan permukaan yang dinamis.

Bagian depannya ada lampu Bi-xenon yang inovatif menawarkan teknologi xenon untuk lampu dekat dan jauh. Dari segi desain interior untuk kedua model A200 dan A250 Sport memperlihatkan elemen sportu. Untuk A200 Sport hadir dengan paket ekslusif AMG dengan bahan kulit hitam dan akses jahitan berwarna.

Sekarang tiba saatnya kru Media Otomotif merasakan performa mobil ini. Sebelum berselancar dengan mobil mewah ini kami menyaksikan bagaimana mobil ini bisa memberikan kemudahan bagi penggunanya. Kemudahan tersebut melalui kecanggihan fitur active parking assist termasuk parctronic. Dihadapan kami, dua mobil Mercedes pada posisi parkir kemudian di tengahnya ada tempat lowong untuk parkir satu mobil lagi.

Dengan dikendarai dua sopir terlatih dari Mercy mobil ini memperlihatkan kecanggihannya. Kami cukup kagum saat mobil melakukan akselerasi parkir sendiri setelah disetel sistem kontrol pada dashboard. Sang sopir mengangkat tangannya dan tidak melakukan akselerasi. Mobil pun melakukan proses parkir sendiri dan tidak membuat sibung sang pengendara.

Kedua varian ini memiliki perbedaan harga yang relatif berdekatan yakni Rp 200 juta. Produk Mercedes A200 dibanderol dengan harga senilai Rp 499 Juta sedangkan varian A 250 Sport dihargai dengan Rp 629 juta.

Penantang Lain
Penantang di medan parkir ini adalah All New Ford Focus yang dijual dengan harga Rp 324,9 Juta - Rp 360 juta dengan pelbagai pilihan tipe. Jenis itu meliputi 1.6L Focus Trend dengan lima dan empat pintu, 2.0L Focus Sport dengan lima pintu, dan 2.0L Focus Titanium 4 pintu. Semuanya dilengkapi dengan transmisi otomatis Powershift 6 percepatan.


Dengan memiliki fitur yang sama pada Mercedes Benz A200 dan A250 makan ini akan meramaikan persaingan di medan parkir. Dari segi harga memang Ford Focus masih lebih ringan tetapi dari segi lainnya seri Mercedes A200 dan A250 ini lebih nyaman karena melekat dengan banyaknya sistem keamanan seperti attention assist, adaptive break assist, tire pressure loss warning sustem dan active parking assist.


Penantang lainnya yang akan hadir tahun depan adalah produsen mobil Volvo dengan tipe XC90. Kela, mobil ini dikendalikan melalui ponsel yang dilengkapi aplikasi tertentu. Volvo tak menyebut aplikasi dari OS yang kompatibel dengan mobil ini.

Tak cukup hanya itu saja, mobil ini juga bisa berinteraksi dengan mobil lain, trotoar dan pengguna jalan lainnya. Selama ini, teknologi sensor telah digunakan pada kendaraan untuk menjaga jarak dari kendaraan lain atau benda tertentu. Sumber Autovaganza, Binis Indonesia 7 Juli 2013, Halaman 29.

Note: Sepertinya  Mercedes Bensz seri A200 Urban dan A250 Sport sangat cocok untuk bisnis rental mobil Mewah Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar